Cari Blog Ini

HUKUM BER MADZHAB


Pada masa sekarang, wajib bagi umat Islam mengikuti salah satu dari empat madzhab yang tersohor dan aliran madzhabnya telah dikodifikasikan (mudawaan). Empat madzhab itu ialah:
Madzhab Hanafi
Yaitu madzhab Imam Abu Hanifah al-Nu’man bin Tsabit, (lahir di Kufah pada tahun 80 H, dan meninggal pada tahun 150 H)
Madzhab Maliki
yaitu madzhab Imam Malik bin Anas bin Malik, (lahir di Madinah pada tahun 90 H dan meninggal pada tahun 179H)
Madzhab Syafi’i
yaitu madzhab Imam Abu Abdillah bin Idris bin Syafi’I, (lahir di Ghozzah pada tahun 150 H dan meninggal pada tahun 204 H)
Madzhab Hambali
Yaitu madzhab Imam Ahmad bin Hanbal, (lahir di Marwaz pada tahun 164 dan meninggal pada tahun 241 H)

Keterangan; dari kitab Al Mizan al Sya’rani Fatawi Kubra dan Nihayatussul;
كان سيّدى علىّ الخوّّاص رحمه الله إذا سأله إنسان عن التقيُّد بمذهب معيّن الآن. هل هو واجب أولا. يقول له يجب عليك التقيُّدُ بمذهب ما دمت لم تصل إلى شهود عين الشّريعة الأولى خوفاً من الوقوع فى الضلال وعليه عمل   الناس اليوم ( الميزان الشعرانى)   
Jika tuanku yang mulia Ali al-Khawash r.h. ditanya oleh seseorang tentang mengikuti madzhab tertentu sekarang ini, apakah wajib atau tidak? Beliau berkata “ Anda harus mengikuti suatu madzhab selama Anda belum mengetahui inti agama, karena khawatir terjatuh pada kesesatan”. Dan ia harus melaksanakan apa yang dilaksanakan oleh orang lain sekarang ini.
وبأنّ التقليد متعيّن للأئمّة اللأربعة. وقال لأنّ مذاهبهم إنتشرات حتى ظهر تقييد مطلقها وتخصيص عامِّها بخلاف غيرهم ( الفتاوى الكبرى فى باب القضاء فى الجزء الرابع)
Sesungguhnya bertaqlid (mengikuti suatu madzhab) itu tertentu kepada Imam yang empat (Maliki, Syafi’I, Hanafi, Hanbali), karena madzhab-madzhab mereka telah tersebar luas sehingga jelas pembatasan hukum yang bersifat mutlak dan pengecualian hukum yang bersifat umum, berbeda madzhab-madzhab yang lain.
قال صلّ الله عليه وسلّّم " إتّبعوا السواد الأعظم ". ولمّا إندرست المذاهب الحقه بإنقراض أئمّتها إلا المذاهب الأربعة الّّتى إنتشرت أتباعها كان إتّباعُها إتباعاً للسّواد الأعظم والخروج عنها خروجاً عن السّواد الأعظم ( سلم الأصول شرح نهاية السول, الجزء الرابع)
Nabi صلّ الله عليه وسلّّم bersabda: “Ikutilah mayoritas (umat Islam)”. Dan ketika madzhab-madzhab yang benar telah tiada, dengan wafatnya para imamnya, kecuali empat madzhab pengikutnya tersebar luas, maka mengikuti madzhab empat tersebut berarti mengikuti mayoritas, dan keluar dari madzhab empat tersebut berarti keluar dari mayoritas.

Sumber:
أحكام الفقهاء فى مقررات موءتمرات نهضة العلماء : AHKAMUL FUQAHA Solusi Problematika Aktual Hukum Islam, Keputusan Muktamar, Munas dan Konbes Nahdlatul Ulama (1926-1999), Penerbit, Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTNU) Jawa Timur bekerjasama dengan penerbit DIANTAMA Surabaya
Cetakan pertama, Oktober 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar